MATERI MATEMATIKA ESENSIAL SELAMA DARING PANDEMI COVID-19
PEMETAAN KI KD KURIKULUM
DARURAT
SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 (REVISI 2017)
KI 1 : |
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
KI 2 : |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya. |
KI 3 : |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
KI 4 : |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR DAN
MATERI
MATEMATIKA KELAS VII
SEMESTER 1
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
ESENSIAL/TIDAK |
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada
bilangan bulat (positif dan negatif)
dan pecahan (biasa, campuran, desimal,persen) 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal,
persen) |
Bilangan ·
Membandingkan bilangan bulat ·
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ·
Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat ·
Membandingkan bilangan pecahan ·
Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan ·
Perkalian dan pembagian bilangan pecahan ·
Mengenal bilangan berpangkat bulat positif ·
KPK dan FPB |
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi 4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan |
Esensial |
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif dan negatif 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan
dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif |
|
|
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi
biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual |
Himpunan ·
Konsep
himpunan ·
Sifat
himpunan ·
Operasi
Himpunan |
Esensial |
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan
operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian) 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar |
Bentuk Aljabar ·
Mengenal bentuk aljabar ·
Memahami penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar ·
Memahami pembagian bentuk aljabar |
Esensial |
3.6
Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan
penyelesaiannya 4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel |
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ·
Memahami konsep persamaan linear satu variabel ·
Menyelesaikan persamaan menggunakan penjumlahan atau pengurangan ·
Menyelesaikan persamaan menggunakan perkalian atau pembagian |
Esensial |
KOMPETENSI DASAR DAN MATERI
MATEMATIKA KELAS VII
SEMESTER 2
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
ESENSIAL/TIDAK |
3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) |
Perbandingan ·
Memahami dan menentukan perbandingan dua besaran ·
Menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan
yang berbeda ·
Memahami dan menyelesaikan masalah yang terkait
perbandingan senilai dan berbalik nilai |
|
3.8 Membedakan perbandingan senilai dan
berbalik nilai dengan menggunakan
tabel data, grafik, dan persamaan 4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai |
Esensial |
|
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga Tunggal, persentase, bruto, neto, tara) 4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan,
kerugian, bunga tunggal, persentase,
bruto, neto, tara) |
Aritmetika Sosial ·
Memahami keuntungan dan kerugian ·
Menentukan bunga tunggal ·
Bruto, neto dan tara |
|
3.10
Menganalisis hubungan antar sudut
sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal 4.10
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal |
Garis dan Sudut ·
Hubungan antar garis ·
Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian sama panjang ·
Mengenal sudut ·
Hubungan antar sudut ·
Melukis sudut istimewa |
Esensial |
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan
luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga 4.11
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan
keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga |
Segi Empat dan Segi Tiga ·
Mengenal bangun datar segiempat dan segitiga ·
Memahami jenis dan sifat segiempat dan segitiga ·
Memahami keliling dan luas segiempat dan segitiga ·
Memahami garis – garis istimewa pada segitiga ·
Menaksir luas bangun datar
tidak beraturan |
Esensial |
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram
garis, diagram batang, dan diagram lingkaran) 4.12 Menyajikan
dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran |
Penyajian Data ·
Mengenal data ·
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel,
diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran |
|
KOMPETENSI DASAR DAN
MATERI
MATEMATIKA KELAS VIII
SEMESTER 1
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
ESENSIAL/TIDAK |
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan
bilangan dan barisan konfigurasi objek 4.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan
bilangan dan barisan konfigurasi objek |
Pola Bilangan ·
Pola Bilangan ·
Pola Konfigurasi objek |
|
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat cartesius yang dihubungkan dengan masalah konstektual 4.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat kartesius yang dihubungkan dengan masalah konstektual |
Bidang Cartesius ·
Bidang Kartesius ·
Koordinat suatu titik
pada koordinat kartesius ·
Posisi titik terhadap
titik lain pada koordinat kartesius |
|
3.3
Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram , dan persamaan) 4.3 Menyelesaiakan
masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi |
Relasi dan Fungsi ·
Relasi ·
Fungsi atau Pemetaan ·
Ciri – ciri relasi dan Fungsi ·
Rumus Fungsi ·
Grafik Fungsi |
Esensial |
3.4
Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan
menginterprestaskan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah konstektual 4.4
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai
persamaan garis lurus |
Persamaan Garis Lurus ·
Kemiringan ·
Pesamaan Garis Lurus ·
Titik potong garis ·
Kedudukan dua garis |
Esensial |
3.5 Menjelaskan sistem
persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan
masalah konstektual 4.5 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel |
Persamaan Linear Dua Variabel ·
Penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel ·
Model dan sistem persamaan linear dua
variabel |
Esensial |
KOMPETENSI DASAR DAN MATERI
MATEMATIKA KELAS VIII
SEMESTER 2
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
ESENSIAL/TIDAK |
3.6 Menjelaskan dan
membuktikan teorema phytagoras dan tripel phytagoras 4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan teorema phytagoras dan tripel phytagoras |
Teorema Phytagoras ·
Hubungan antar panjang
sisi pada segitiga siku - siku ·
Pemecahan masalah yang melibatkan teorema
phytagoras |
Esensial |
3.7 Menjelaskan sudut
pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran , serta
hubungannnya 4.7 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas
juring lingkaran, serta hubungannnya |
Lingkaran ·
Lingkaran ·
Unsur – unsure lingkaran ·
Hubungan sudut pusat dengan sudut keliling ·
Panjang busur ·
Luas juring ·
Garis singgung
persekutuan dalam dua lingkaran ·
Garis singgung
persekutuan luar dua lingkaran |
Esensial |
3.8
Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua
lingkaran dan cara melukisnya 4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran |
|
|
3.9
Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (
kubus, balok, prisma, dan limas) 4.9
Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar datar ( kubus, balok, prisma, dan limas) serta gabungannnya |
Bangun Ruang Sisi Datar ·
Kubus, balok, prisma, dan limas ·
Jaring – jarring kubus, balok, prsma dan
limas ·
Luas permukaan kubus, balok, prisma dan
limas ·
Volume kubus, balok, prisma, dan limas ·
Menaksir volume bangun ruang tak beraturan |
Esensial |
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi
data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil
kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi 4.10 Menyajikan dan meyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan distribusi data, nilai rat- rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan prediksi |
Statistika ·
Rata – rata, median dan modus ·
Mengambil keputusan berdasarkan analisis
data ·
Membuat prediksi berdasarkan analisis data ·
Membuat prediksi berdasarkan analisis data |
|
3.11 Menjelaskan peluang empiric dan teoritik
suatu kejadian dari suatu percobaan 4.11 Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan
peluan empiric dan teoritik suatu kejadian dari suatu percobaan |
Peluang ·
Titik sampel ·
Ruang sampel ·
Kejadian ·
Peluang empirik ·
Peluang teoritik ·
Hubungan antara peluang teoritik |
|
KOMPETENSI DASAR DAN
MATERI
MATEMATIKA KELAS IX
SEMESTER
1
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
ESENSIAL/TIDAK |
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan
berpangkat, bilangan rasional, dan bentuk akar serta sifat- sifatnya. 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sifat- sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar |
Bilangan berpangkat ·
Perkalian
pada perpangkatan ·
Pembagian
pada perpangkatan ·
Pangkat
nol, negatif, dan bentuk akar ·
Notasi
ilmiah |
Esensial |
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan
karakteristiknya berdasarkan akar- akarnya serta cara penyelesaiannya 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat |
·
Persamaan
kuadrat |
Esensial |
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik 4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan
table, persamaan, dan grafik |
Fungsi kuadrat ·
Grafik
fungsi kuadrat ·
Sumbu,
simetri, dan nilai optimum |
|
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya 4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah
kontekstual menggunakan sifat- sifat fungsi kuadrat |
·
Fungsi
kuadrat ·
Menentukan
fungsi kuadrat ·
Aplikasi
fungsi kuadrat |
Esensial |
3.5
Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual 4.5
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) |
Transformasi geometri ·
Refleksi ·
Translasi ·
Rotasi ·
Dilatasi |
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar |
Kekongruenan dan kesebangunan ·
Kesebangunan
dua bangun datar ·
Kesebangunan
dua segitiga ·
Kekongruenan
dua bangun datar ·
Kekongruenan
dua segitiga |
Esensial |
KOMPETENSI DASAR DAN MATERI
MATEMATIKA KELAS IX
SEMESTER
2
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
ESENSIAL/TIDAK |
3.7
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang
sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) 4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume
berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) serta
gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung |
Bangun ruang sisi lengkung ·
Tabung ·
Kerucut ·
Bola |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar